Senin, 30 Maret 2009

UAN AJANG PEMBODOHAN SISWA?

Sebentar lagi ujian akhir nasional (UAN) akan digelar. Siswa sibuk belajar, les, bimbingan sementara guru memepersiapkan soal latihan. Namun apakah UAN dapat dijadikan sebagai ukuran keberhasilan guru dan sekolah dalam mengajar serta merupakan gambaran kualitas dan hasil belajar siswa selama 3 tahun? Mungkin sedikit nyeleneh tapi disadari atau tidak menurut saya, pelaksanaan UAN saat ini tidak lain merupakan ajang pembodohan siswa. Fungsi UAN sebagai ukuran keberhasilan guru dan sekolah dalam mengajar serta sebagai tolak ukur keberhasilan siswa sudah bergeser.
Bagaimana tidak? Sudah menjadi rahasia umum ketika UAN sedang berlangsung siswa hanya menunggu jawaban yang telah dikerjakan oleh guru secara diam-diam, jadinya yang ulangan bukan siswa tetapi guru. Berarti hasil/skor yang diperoleh siswa dalam UAN merupakan ukuran keberhasilan guru dalam belajar bukannya mengukur siswa.
Apabila UAN dilakukan untuk memperbaiki kualitas siswa maka seharusnya pihak terkait dalam hal ini DINAS PENDIDIKAN harus memperketat aturan UAN.
Lantas bagaimana posisi UAN sebagai alat untuk melihat hasil belajar siswa serta siapa yang patut disalahkan dalam hal ini? Pihak terkait (DINAS PENDIDIKAN), Sekolah, Guru atau Siswa?
Silahkan berkomentar!!!!!!!!

2 komentar:

  1. makanya brot yang pada ngajar di sekolah-sekolah mending tinggalin aja apalagi yang masih honorer bikin capek aja yang ujung-ujungya lu lagi yang kena bagian dari pembodohan itu. n saran aq kalo lu bisa kritik pemerintah yachh mending nyaleg aja sebagai calon independent di kursi dewan ntar aq nyusul kmu,key.sang jenderal

    BalasHapus
  2. eitz jangan asal nyuruh cabut aza bro... ingat tugas kita mengajar dan mendidik. so kalo qt pada niggalin t4 ngajar qt brarti qt membiarkan pembodohan itu terjadi. So tergantung qt aza apakah mau merubah kebiasaaan buruk itu ataw g' tp merubahnya mesti bertahap g bs dalam sekali langkah.Ok

    BalasHapus